Rabu, 23 Agustus 2017

LEGENDA DESA BULUTENGGER





Pada zaman dahulu masih banyak hutan belantara, sehingga banyak pohon-pohon yang amat rindang dan ditempat itulah ada sekelompok binatang yang disebut ayam alas yang bertengger di sebuah pohon yang namanya bohon bulu, kebetulan disitu banyak sekali bulu-bulu ayam alas. Lama kelamaan tempat sekitar pohon bulu itu dikenal orang, setelah banyak orang berkelompok maka disitu ada orang menjadi sesepuh yang namanya CHOLI (mbah Choli ),akhirnya wilayah sekitar kelompok orang ini disebut Dusun Bulu. Setiap hari disebelah timur Dusun Bulu banyak sekali ayam alas yang bertengger dipohon dan disitu juga telah banyak orang yang berkelompok dan ada sesepuhnya yang bernama LANJAR (mbah Lanjar) akhirnya tempat itu disebut Dusun Tengger.Pada suatu hari ada orang pelarian dari desa lain yang dijajah, berkelompok disebelah utara Dusun Tengger, kemudian kelompok orang tersebut didatangi oleh orang orang Tengger mau diusir dari tempat itu lalu orang orang tersebut minta maaf (ampun) untuk boleh tinggal di situ, lalu oleh orang Tengger di maafkan dan boleh tinggal disitu, akhirnya tempat itu disebut Dusun Ampon, lama-kelamaan berubah menjadi Dusun Gampon.

 

 




Karena dusun Bulu, dusun Tengger,dusun Gampon jumlah masyarakatnya masih sedikit, maka sesepuh dari ketiga dusun ini sepakat menjadikan ketiga dusun ini menjadi Desa Bulutengger, dan nama Gampon tidak masuk nama desa ini karna Gampon dianggap orang pendatang, sehingga sampai sekarang disebut Desa Bulutengger.

2 komentar:

  1. Mbanis pripun kok ra disebut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbanis Sudah Ikut Tengger, ini cuma sejarah Desa dan Dusun. Jika ada Cerita sejarah Mbanis, monggo diketik dan dikirim ke Kami, akan Kami posting disini.

      Hapus

Populer

MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) BULUTENGGER TAHUN ANGGARAN 2020-2025

Bulutengger, 17 Januari 2020 Sesuai dengan Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa bahwa dalam jangka ...

Popular Posts